Jenis Layar Pada Ponsel / HP

Tuesday, September 10th 2019. | Uncategorized

Jenis Layar HP – Masih ingatkah kita dengan monochrome? Layar dengan basic warna hitam putih ini menjadi sejarah awal layar pada ponsel. Seiring dengan berkembangnya jaman, teknologi layar pun semakin beragam. Beberapa vendor dengan tim pengembangnya berusaha membuat inovasi pada layar ponsel semata-mata ingin menunjukkan teknologi yang tinggi pada produknya.

Saat ini ada beberapa macam tipe dan jenis layar pada ponsel, berikut ini akan Teknopedia jabarkan seperti yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. LCD
LCD atau Liquid Crystal Display adalah panel layar datar yang sudah umum digunakan dibanyak gadget. Panel LCD ini membutuhkan sumber cahaya (backlight) untuk memproduksi gambar, hal ini dikarenakan panel ini tidak mampu memproduksi cahayanya sendiri. Untuk kualitas, render warna milik LCD cukup bagus namun kontras rasionanya tidak sebagus dengan tipe layar lain, sehingga saat berada dibawah sinar matahari, warnanya akan jauh memudar.
Kualitas LCD sangat bervariasi, hal ini tergantung dari proses manufaktur yang digunakan. Perangkat yang menggunakan kualitas ini tidak hanya pada ponsel, gadget lain seperti monitor komputer dan televisi juga memakainya. dan tentu saja televisi.

2. TFT LCD
TFT LCD (Thin Film Transistor Liquid Crystal Display) adalah jenis layar yang termasuk paling banyak dipakai di ponsel. Bisa dibilang merupakan pengembangan dari LCD, dimana layar jenis ini meningkatkan stabilitas gambar dan keterbacaan panel LCD. Dari namanya dapat diketahui bahwa TFT LCD menggunakan Thin Film Ttransistor (TFT) untuk meningkatkan kualitas gambarnya.
Istilah “Ada harga ada rupa” juga berlaku pada panel ini, sehingga kualitasnya pun bervariasi.

3. IPS
IPS (In Plane Switching) merupakan varian dari LCD dimana panel ini memiliki beberapa kelebihan. Sebut saja kemampuannya dalam menampilkan warna akurat dan konsisten dari berbagai sudut penglihatan (tanpa blur) sehingga gambar yang dihasilkannya pun jauh lebih baik.

4. Retina
Retina adalah panel yang dipakai dalam produk Apple.

Dalam pernyataannya, Apple kerap mengklaim bahwa teknologi layar Retina adalah teknologi layar terbaik. Teknologi layar ini memang memiliki kepadatan piksel yang cukup tinggi  agar mata manusia biasa tidak dapat mengenali piksel individual dalam jarak pandang normal.
Pada kenyataannya, layar Retina tidak diproduksi sendiri oleh Apple. Disebutkan bahwa Samsung dan LG adalah yang memproduksi layar retina untuk Apple

5. OLED
OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah light emitting diode (LED) di mana lapisan yang memancarkan cahaya terbuat dari bahan organik. Dengan begini OLED tidak membutuhkan backlight untuk menampilkan gambar, sehingga mampu menekan konsumsi daya dan juga mampu menghasilkan level warna hitam yang lebih dalam, dan kualitasnya lebih baik dari pada LCD.
Dengan kualitas yang mumpuni seperti mampu menghasilkan warna yang tajam, sudut penglihatan lebih luas, peningkatan brightness dan konsumsi daya lebih efisien. Untuk fisiknya, layar OLED lebih tipis dan lebih ringan daripada LCD.

 

 

6. AMOLED
AMOLED adalah varian OLED yang merupakan kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Jika Retina identik dengan Apple, maka AMOLED bisa dikatakan ‘milik’ Samsung karena jenis layar ini banyak dibenamkan pada produknya.
Karena layar AMOLED mampu memproduksi cahaya sendirim sehingga ratio kontrasnya tinggi dan lebih efisien dalam mengkonsumsi dayanya. Tetapi dibawah sinar matahari, tampilannya susah dilihat langsung, tetapi kekurangan ini segera diperbaiki dengan teknologi terbaru Samsung, yaitu Super AMOLED, yaitu dengan menunrunkan jarak antar layer.

7. S LCD
S LCD atau Super LCD adalah teknologi besutan S LCD Corporation, yang mana perusahaan ini merupakan bagian dari Samsung. Teknologi ini masih satu varian dari LCD dan merupakan salah satu rival dari layar AMOLED. Yang membedakannya dengan LCD biasa adalah tidak adanya gap udara antara lapisan luar dengan elemen layar bagian dalam.
Untuk urusan konsumsi daya, S LCD lebih efisien dibandingkan dengan beberapa jenis layar LCD yang lain. Pada awalnya, Perusahaan S LCD adalah milik Samsung dan Sony, namun pada tahun 2011, Samsung membeli penuh kepemilikan sahamnya.

8. ClearBack
Jika Retina identik dengan Apple, maka Nokia memiliki teknologi ClearBack. Teknologi ini dibenamkan pada beberapa ponsel Nokia yang berbasis Windows Phone. Teknologi ini diklaim memiliki kemampuan superior diluar ruangan, dengan kata lain meskipun berada dipaparan sinar matahari, tampilan dilayar masih mudah dibaca.
Kualitas layar diklaim mampu menampilkan warna yang sesuai dengan warna aslinya, hampir mirip dengan AMOLED meski teknologi yang digunakan berbeda. Keunggulannya pun nyaris sama, yaitu konsumsi dayanya yang sangat efisien.

Related For Jenis Layar Pada Ponsel / HP