Arti & Makna Huruf ‘I’ Pada Produk Apple

Tuesday, September 10th 2019. | Uncategorized

Arti & Makna Huruf ‘i’ Pada Produk Apple – “Komputer ini membutuhkan nama yang bagus”, siapa sangka pernyataan Steve Jobs inilah yang mejadi cikal bakal keluarnya ide kode “i” pada semua produk Apple.

Berawal pada tahun 1998, dimana saat itu internet mulai tersebar di beberapa negara. Tidak ingin ketinggalan teknologi, Apple pun membuat komputer yang mampu berkoneksi dengan internet. Produk komputer inilah yang menjadi alat taruhan untuk masa depan perusahaan Apple.

Pada saat itu komputer desktop sedang berada pada era emas dan floopy disk drive sedang tren-trennya sebagai media penyimpanan data. Tapi Jobs ingin selangkah lebih maju dengan teknologi era itu, maka dibuatlah sebuah komputer dengan CD-ROM sebagai media pengantar data untuk instalasi software. Tidak hanya itu, komputer tersebut juga didesain supaya tidak bisa dirakit ulang atau di-upgrade performanya.

Pemberian nama untuk komputer ini cukup alot, dimana dalam perundingan tersebut ada beberapa orang yang turut andil memberi nama pada komputer tersebut. Jobs yang memimpin perundingan tersebut memberi masukan dengan nama “MacMan”, tetapi keputusan terakhir sepakat memberi nama “iMac” sesuai saran dari Ken Segall.

“iMac” adalah perpaduan dari dua kata, yaitu “internet” dan “Macintos”. Tetapi dalam perkembangannya, kode “i” pada produk Apple mengalami perkembangan arti.

Dalam penjelasannya, Steve Jobs juga mengartikan bahwa:

  • “i” adalah individual, yang mana ini adalah sifat alami dari sebuah personal komputer,
  • “i” adalah instruksi, dimana komputer ini dimaksudkan sebagai media pendidikan,
  • “i” adalah informasi, yang berarti sesuatu yang dapat memberikan sebuah pengetahuan baru,
  • dan “i” yang terakhir adalah inspirasi, munculnya sebuah ide-ide baru.

Dari semua penjelasan tersebut, Jobs menitik beratkan “i” pada kedekatan emosi antara produk-produknya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Kesan personal tersebut menunjukan jati diri si pemiliknya, yaitu adanya kedekatan dan rasa memiliki antara si pemilik dengan produk Apple.

Dalam bahasa Indonesia, huruf “i” mewakili arti “saya” dimana kata ini dapat berdiri sendiri. Berbeda dengan kata “my” seperti pada kata “my document” pada Windows. Kata tersebut tidak dapat berdiri sendiri, sehingga ada unsur ketergantungan pada pemiliknya. Singkatnya, “i” memposisikan dirinya sebagai pelaku atau subjek yang dapat berdiri sendiri.

Cukup dalam juga ya arti dan makna “i” pada produk Apple

Related For Arti & Makna Huruf ‘I’ Pada Produk Apple