8 Keunggulan Android KitKat

Tuesday, September 10th 2019. | Uncategorized

Keunggulan Android KitKat – Setidaknya sudah tiga kali Android mengeluarkan update-an untuk Jelly Bean. Dan berbekal update-an tersebut, Android mengusung varian baru dengan banyak perubahan dan perbaikan dalam berbagai sektor, diantaranya pembenahan penggunaan memori serta beberapa interface yang lebih ringan dari versi sebelumnya. Informasi berikut ini Teknopedia kutip dari TabloidPulsa, dimana kami sajikan beberapa perubahan pada platform terbaru Android, KitKat!

1. Transparansi Bar
Seperti pada gambar, perbedaan tampak pada status bar atas dan bawah, dimana pada KitKat sudah menggunakan transparansi bar sehingga tampilan senada dengan gambar yang dijadikan wallpaper.

2. Google Now
Perlu diketahui bahwa aplikasi Google Now muncul pertama kalinya pada Jelly Bean. Di versi KitKat ini, aplikasi tersebut telah berpindah tempat dan menyatu dengan panel homescreen.

3. Ikon Menu
Hal pertama yang akan kita lihat dari versi KitKat adalah tampilannya yang fresh, dan ini berlaku pada ikon menu-nya. Disini ikon-ikon tersebut warnanya lebih cerah dan ukurannya lebih besar sehingga tampilan ikon yang tadinya banyak bisa berkurang dalam satu layer. Sebagai contoh, perhatikan gambar disamping, pada gambar tersebut yang awalnya muat dengan jumlah ikon 5×5, kini hanya ditampilkan 4×5.

4. Widget
Pada versi KitKat, Google menghilangkan tab Apps dan Widget dari halaman menu. Jika ingin masuk pada menu wiget, user tinggal menahan jari selama beberapa saat pada homescreen yang kosong hingga muncul tampilan widget. Sebenarnya ini bukan hal baru, tetapi lebih kepada mengambil cara yang lebih simple, dimana mekanisme ini sebetulnya sudah pernah diterapkan pada Froyo dan Gingerbread.

5. Rotasi Layar
Sedikit mengecewakan pada versi KitKat, karena beberapa versi KitKat meniadakan fitur ini secara otomatis, sebut saja pada Nexus 5.

6. Sistem dan Status Bar
Dua tahun semenjak diluncurkannya ICS ke publik, Google memutuskan untuk mengaplikasikan mode immersive yang mana dengan mode ini user dapat melihat ponsel dengan mode full screen. Tetapi berbeda dengan KitKat, jika sebelumnya kita bisa menyembunyikan dan memunculkan status bar dengan menyentuh layar, maka pada versi KitKat kita cukup dibuat repot, yaitu dengan menariknya dari atas ke bawah. Mekanisme ini berlaku juga pada aplikasi Google Play Books untuk menyembunyikan seluruh elemen interface sehingga user dapat membaca buku perhalaman dengan tampilan full.

7. Phone App
Menu panggilan pada KitKat di-default menampilkan keypad abjad. Sepertinya Google mendorong user untuk melakukan panggilan dengan cara mengetikkan nama kontak tersebut, sehingga jika kita ingin menelepon nomor baru yang belum ada di kontak, kita harus menyimpannya terlebih dahulu. Tetapi jika dirasa ini terlalu menyulitkan, kita bisa mengakalinya dengan memilih ikon dial pad yang ada pada bagian tengah bawah.

8. Caller ID by Google
Ada yang baru di KitKat, yaitu Caller ID by Google. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan identitas nomor telepon tersebut sekalipun nomor tersebut tidak tersimpan pada ponsel kita. Namun jika Anda menginginkan sebuah privasi, Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan masuk ke menu panggilan dan pilih ikon telepon. Kemudian pilih opsi atau tanda tiga titik disudut kanan bawah dan pilih settings. Dari situ kita pilih Caller ID by Google dan pilih Google Account Settings. Setelah itu secara otomatis akan membuka browser dan menampilkan halaman setting akun, dan hilangkan centang pada tulisan “Help people wo have your phone number find and connect with you on Google services, like Hangouts and caller ID by Google”.

Related For 8 Keunggulan Android KitKat